Recent

Rabu, 04 Mei 2016

Koutetsujou no Kabaneri vs Shingeki no Kyojin

Koutetsujou no Kabaneri adalah salah satu anime Spring 2016 yang sedang booming saat ini. Meskipun begitu, anime ini menuai banyak kritik karena memiliki banyak aspek dengan Shingeki no Kyojin yang bisa disebut sebagai kesuksesan sebenarnya.

Baca juga: 4 Hal Ini Memperkuat Bukti Kalau Mumei Adalah Adik Dari Ikoma


Meskipun baru 3 episode yang sudah ditayangkan, Koutetsujou no Kabaneri sudah menduduki peringkat 97 di Myanimelist dengan nilai 8.48, membuatnya sebagai anime paling menjanjikan musim ini. Kalau memang menjanjikan dan juga begitu populer, lantas kenapa para wibu kecewa dengan anime ini karena kurangnya originalitas? Dalam artikel kali ini, WibuNews akan mengulas persamaan-persamaan kedua series ini, juga apakah Koutetsu no Kabaneri dapat memberikan hiburan yang sepadan dengan Shingeki no Kyojin, atau bahkan melampauinya?

Download Animenya: Koutetsujou no Kabaneri [Subtitle Indonesia]

1. Kabane vs Titan


Di dalam kedua series tersebut, terdapat monster/makhluk yang mengancam umat manusia. Mereka agresif dan memiliki lapar yang tak berujung terhadap umat manusia. Dalam Kabaneri, mereka zombie humanoid yang disebut Kabane yang memburu dan menginfeksi manusia dengan cara menggigit maupun sekedar menggoresnya, membuat korban yang terinfeksi berubah menjadi Kabane. Mereka juga terlihat lebih cepat dan inelektual dibanding Titan. Bagaimanapun juga, ada berbagai jenis Titan di dalam Shingeki no Kyojin dengan variasi intelektual dan juga kemampuan. Di sisi lain, Titan tidaklah terlihat semenakutkan Kabane, bahkan mereka terlihat seperti manusia banget dengan tubuh yang sangat besar dan menyerang manusia, itu saja.

*Keduanya sama karena:
Rasa lapar yang tak berujung kepada manusia, asal usul yang misterius, dan fisik yang menyerupai manusia.

2. Stasiun vs Tembok


Guna melindungi diri mereka dari monster-monster itu, umat manusia pun membuat Stasiun (Gambar kiri) dan Tembok (Gambar kanan). Rasanya mustahil untuk tidak membandingkan keduanya karena memiliki maksud dan tujuan yang sama. Namun begitu, Stasiun terhubung dengan dunia luar oleh jembatan yang biasa dilewati kereta itu. Sementara tembok di SnK tidak memilikinya karena besar (keduanya juga memiliki gerbang dan tower pemantau). Dalam kedua kasus, dunia di dalam tembok ataupun stasiun saat ini adalah sau-satunya tempat terman bagi umat manusia.

*Keduanya sama karena: Gaya bangunan dan juga tujuan yang sama.

3. Tzuranuki Zutsu vs Maneuver Gear

Tzuranuki Zutsu adalah senjata kombinasi antara uap bertekanan tinggi dengan bubuk mesiu. Ikoma sang karakter utama dari KnK menciptakannya dalam rangka agar dapat menembus logam besi yang melindungi jantungnya Kabane. Untuk 3D Maneuver Gear sendiri bukanlah sebuah senjata, melainkan lebih ke arah alat atau perlengkapan pendukung yang dapat membuat seseorang bergerak cepat dan menggunakan pedang di saat bersamaan. Tzuranuki Zutsu menggunakan uap sementara 3D Gear menggunakan gas. Keduanya sama bukan hanya karena cara mereka membawanya, tapi juga karena kehadirannya adalah satu-satunya cara untuk membunuh Titan dan juga Kabane.

*Keduanya sama karena: Keunikannya dan juga cara mereka membawanya.

4. Ikoma vs Eren


Mereka benar-benar berbeda dalam penampilan, meskipun begitu mereka memiliki beberapa kesamaan personality, mereka sama-sama keras kepala, memiliki determinasi, sembrono, penuh semangat dan impulsif. Juga baik Ikoma maupun Eren sama-sama kehilangan orang tercentinya yang terbunuh oleh Kabane/Titan. Ikoma kelihatannya lebih mampu karena dia yang menciptakan senjatanya, tapi dia lebih bersimpati dan kebenciannya terhadap Kabane lebih sedikit karena ingin menyelamatkan mereka yang terinfeksi ketimbang membunuhnya.

*Keduanya sama karena: Persnoalitas dan juga alasan mereka untuk balas dendam

5. Kabaneri vs Titas Shifters



Persamaan lainnya dalam kedua anime tersebut adalah mereka dapat berubah menjadi seperti musuh dalam anime tersebut. Kabaneri adalah orang-orang yang telah terinfeksi oleh virus Kabane namun berhasil menghentikan penyebarannya sebelum sampai ke otak dan menjadi sesuatu antara manusia dan kabane. Titan Shifters adalah orang-orang yang dapat berubah menjadi titan setelah mendapatkan luka. Satu perbedaan besar diantara mereka adalah kalau Kabaneri tidak dapat berubah menjadi Kabane sementara Titan Shifters bisa berubah antara tubuh manusia maupun titan.

*Keduanya sama karena: Peningkatan kemampuan, pengendalian diri, dan kelelahan setelah menggunakan kemampuannya.

Kesimpulan


Ya, memang sudah tidak dapat dihindari lagi jika Koutetsujou no Kabaneri memiliki beberapa kesamaan. Mekipun begitu, bukan berarti juga kalau keduanya benar-benar sama dan malah menarik kesimpulan kalau KnK meniru SnK. Daripada memfokuskan ke persamaannya, alangkah baiknya untuk lebih memperhatikan keunikan Kabaneri seperti bagaimana cara mereka menangani ancaman luar maupun ancaman dalamnya.

Baca juga: 11 Anime Bertemakan Zombie Terbaik

Patut di ingat juga series ini baru berjelan 3 episode sejauh ini. Kita hanya bisa menunggu apakah nantinya anime ini bisa atau tidak merebut kejayaannya Shingeki no Kyojin atau bahkan lebih baik lagi. :)

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.